SMP Muhammadiyah Bau-Bau

Kantor SMP Muhammadiyah Bau-Bau

Kantor SMP Muhammadiyah Bau-Bau

SMP Muhammadiyah Bau-Bau berdiri atas prakarsa dari Abdul Gani Ali, Subair dan Drs. Tomo dengan terlebih dahulu membentuk Panitia Pendiri pada tanggal 27 Pebruari 1989. Komposisi personalia kepanitaan antara lain Penasehat : Abdul Gani Ali;  Ketua : Drs. Tomo P; Sekretaris : Subair; dan lain-lain sebanyak 35 orang tergabung dalam kepanitiaan tersebut.

Pada tahun 1990 keluar izin operasi dari Pemerintah Propinsi Sulawesi Tenggara yang ditandai dengan terbitnya Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sulawesi Tenggara Nomor 139/I23/I/1990 tanggal 6 Desembar 1990.

Sebagai langkah awal Kepala Sekolah dijabat oleh Drs. Tomo, beliau juga adalah dosen pada IAIN Alauddin Ujung Pandang di Bau-Bau,  setahun

Gedung tempat PBM di Jl. Pahlawan km 3 Bau-Bau

Gedung tempat PBM di Jl. Pahlawan km 3 Bau-Bau

kemudian beliau mengundurkan diri dari jabatan Kepala Sekolah karena harus  pindah ke Kendari sebagai dosen STAIN Kendari. Pada saat itulah deiketahui bahwa ternyata IAIN Alauddin Ujung Pandang Bau-Bau sudah dipindahkan ke Kendari dan berubah nama menjadi  STAIN Kendari, sejak itu Jabatan Kepala SMP Muhammadiyah Bau-Bau diteruskan oleh Subair hingga mencapai status Diakui pada tahun 1994 yang ditandai dengan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sulawesi Tenggara Nomor 475a/I23/I/1994 tanggal 21 November 1994. Pada periode ini SMP Muhammadiyah Bau-Bau mendapat bantuan dari pemerintah berupa tiga lokal ruang kelas baru yang dibangun di jalan Pahlawan km 3 Bau-Bau.

Pada tahun 1995 terjadi pergantian Pimpinan Daerah Muhammadiyah Buton. Subair mendapat kepercayaan sebagai wakil ketua PDM Buton yang membidangi pendidikan. Di Muhammadiyah tidak boleh ada rangkap jabatan  maka jabatan sebagai kepala sekolah harus ditinggalkan maka pada tanggal 10 september 1995 diserah terimakan dengan Abdul Gani Ali. Abdul Gani Ali memimpin sekolah itu hanya satu tahun, selanjutnya jabatan kepala sekolah diserahkan kepada Hasibuan, B.A. Namun demikian Subair tetap berada di sekolah itu sebagi guru dan wakil kepala sekolah.

Sejak awal berdirinya SMP Muhammadiyah Bau-Bau melaksanakan kegiatan pembelajaran di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 45 Bau-Bau hingga sekarang.  Pada periode kepemimpinan Hasibuan, B.A  SMP Muhammadiyah Bau-Bau mendapat lagi bantuan dari pemerintah berupa satu unit gedung perpustakaan dan satu unit ruang laboratorium IPA, keduanya dibangun di Jalan Pahlawan Km 3 Bau-Bau. Pada saat ini juga terkabul permintaan yang pernah diajukan oleh kepala sekolah terdahulu berupa barang-barang bekas yang tidak terpakai lagi dari IAIN Alauddin cabang Bau-Bau.

Pergantian Kepala Sekolah pada waktu itu selalu diadakan dengan musyawara mufakat, seiring dengan tuntutan reformasi, pergantian kepala sekolah selanjutnya diadakan dengan pemilihan seperti yang terjadi pada pergantian dari Hasibuan, B.A kepada Sulihi Jirimu, S.Pd. Bagaimana dampaknya? mari kita ikuti terus perkembangannya.

Wastabiqul hairat,

Subair.

Tag: , , , , , ,

2 Tanggapan to “SMP Muhammadiyah Bau-Bau”

  1. Anonim Says:

    ass wr wb, saya salah satu alumni SMP muhammadiyah thn 98, pada wktu itu yang menjabat sbg kepala sekolah adalah bpk Hasibuan BA, beliau dikenal sebagai sosok yang ramah penuh kasih sayang kpd siswa siswinya, sangat besar hati mewujudkan cita-cita siswanya. beliaulah sosok bapak yang harus diteladani. banyak nasehat yang sangat bermanfaat yang diberikan kpd siswanya, salah satunya adalah saya yang saat ini telah menyelesaikan kuliah di salah satu universitas Bandung ( jawa barat). saya ingin bertemu dengan beliau ingin mengucapkan terimakasih kepada beliau dan seluruh guru SMP muhammadiyah serta staff yang ada di dalamnya. terus dan tetap berjaya SMP Muhammadiyah tercinta, i love you all

    • subair Says:

      Seperti halnya Anda bagi saya Pak Hasibuan adalah teman dan mitara kerja yang baik. Setelah beliau menyelesaikan tugasnya sebagai Kepala SMP Muhammadiyah Baubau beliau kembali bersama saya di SMA Muhammadiyah Baubau. Masa tugas saya sebagai Kepala SMA Muhammadiyah Baubau selesai dan digantikan oleh Drs. La Rahimu. Pak Hasibuan masih tetap sebagai guru dan saya berharap suatu ketika beliau dapat menjadi Kepala SMA Muhammadiyah Baubau. Terima kasih atas perhatian Anda.
      Pak Hasibuan, BA dapat dihubungi via Pos dengan alamat SMA Muhammadiyah 1 Baubau Jl. Pahlawan Km3 Baubau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: