6. Kerja-kerja setelah UNISBU berubah menjadi Unmuh Buton

Setelah terbentuk Badan Pemrakarsa yang baru sesuai Surat Keputusan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Buton Nomor 003/SK-PDM/III.B/1.a/2000 tanggal 17 Pebruari 2000 M / 12 Dzulqa’dah 1421 M Tentang Penetapan dan Pengangkatan Badan Pemerakarsa Pendirian Universitas Muhammadiyah Buton, kegiatan-kegiatan awal yang dilaksanakan adalah :

1. Rapat Senat Universitas.

Rapat ini dilaksanakan pada hari Rabu pagi tanggal 23 Pebruari 2000 bertempat di Kampus UMB Palatiga. Dasar pelaksanaan rapat ini ialah Statuta Universitas Muhammadiyah Buton yang telah disetujui dan disyahkan oleh Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah (yang berlaku surut sejak tanggal 18 November 1999) utamanya meperhatikan pasal 17, pasal 26, pasal 27, pasal 28, pasal 29, pasal 36 dan pasal 38. Dengan acara sebagai berikut :
1. Memberikan pertimbangan kepada Badan Penyelenggara UMB (Majelis Dikti PP. Muhammadiyah) di Jokyakarta tentang bakal calon pimpinan UMB secara difinitif.
2. Memberikan pertimbangan kepada Rektor UMB tentang bakal calon Dekan yang akan diusulkan oleh Rektor kepada Badan Penyelenggara UMB (Majelis Dikti PP Muhammadiyah).

Keputusan yang dihasilkan pada rapat ini adalah : Bahwa dalam rangka realisasi perubahan Universitas Islam Buton (UNISBU) menjadi Universitas Muhammadiyah Buton (UMB), Senat mengambil keputusan sebagai berikut :

1. Mendukung sepenuhnya jabatan-jabatan Struktural Utama sebagaimana Keputusan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Buton dan Badan Pemerakasrsa Universitas Muhammadiyah Buton, dengan susunan sebagai berikut :
a. Pjs. Rektor : Drs. R. Abdul Rivai, Bc.Hk, MBA.
b. Pjs. Pembantu Rektor I : Drs. A.M. Syahir Baso, S.H.
c. Pjs. Pembantu Rektor II : Subair, S.IP.
d. Pjs. Pembantu Rektor III : Drs. Mchlis.
e. Pjs. Pembantu Rektor IV : Muis Sat Iman, M.Ag.

2. Susunan Anggota Senat UNISBU menjadi susunan Senat UMB, dengan catatan Sri Pratiwi Susilowati, S.Pd diganti Susilo Widodo, S.Pd dan sesuai dengan statuta UMB yang telah disetujui Majelis Dikti PP Muhammadiyah anggota Senat ditambah Kamaruddin, S.H., dengan demikian anggota Senat UMB seluruhnya 17 orang termasuk Ketua dan Sekretaris.

3. Jabatan-jabatan Struktural lainnya sebagai berikut :
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
a. Dekan : Drs. Sabaruddin
b. Pembantu Dekan I : Anis Agustina, S.Pd
c. Pembantu Dekan II : Danang Saptoko, S.Pd
d. Pembantu Dekan III : Susilo Widodo, S.Pd
Fakultas Pertanian/Peternakan
a. Dekan : Ir. Sita Hermaya Sari, M.P.
b. Pembantu Dekan I : Zakariah, S.Pt
c. Pembantu Dekan II : Nurmas, S.Pt
d. Pembantu Dekan III : Pemran, S.Pt
Fakultas Ekonomi
a. Dekan : Bintoro Widyakusuma, S.E.
b. Pembantu Dekan I : Tri Astuti, S.E.
c. Pembantu Dekan II : R. Jatsiah, S.E.
d. Pembantu Dekan III : Azaluddin, S.E.
Fakultas Hukum.
a. Dekan : Kamaruddin, S.H.
b. Pembantu Dekan I : Saras Heru, Subowo, S.H.
c. Pembantu Dekan II : Enda Kusuma Dewi, S.H.
d. Pembantu Dekan III : Aradia, S.H.
Fakultas Ilmu Sosial Politik
e. Dekan : Witri Wulandari, S.IP
f. Pembantu Dekan I : Sujarwoto, S.IP
g. Pembantu Dekan II : –
h. Pembantu Dekan III : –

2. Teknik pemekaran fakultas Pertanian yang akan dikembangkan menjadi Fakultas Peternakan, Fakultas Pertanian dan Fakultas Perikanan sesuai dengan studi kelayakan dan RIP, akan diatur bersama Majelis Dikti PP Muhammadiyah.
3. Mengusahakan pembukaan Fakultas Agama Islam dengan membuka Program Studi / Jurusan yang belum dibuka oleh STAIS Bau-Bau.

4. Menyetujui usulan 3 orang calon Rektor definitif ialah :
1) Muis Sat Iman.
2) Subair.
3) Abdul Rifai.

5. Adapun pencalonan Pembantu Rektor Definitif dengan setiap posisi 2 orang calon, akan diusulkan kemudian setelah ada Rektor definitif, demikian pula para Dekan definitif.

6. Dan lain-lain.

Keputusan Senat ini ditulis dalam bentuk Surat Resmi Nomor : 02/Senat-UNISBU/2000 Tanggal 16 Dzulqaidah 1420 H / 23 Pebruari 2000 ditanda tangani oleh Ketua Senat (Drs. R. Abdul Rivai, Bc.Hk, MBA) dan Sekretaris Senat (Muis Sat Iman, M.Ag) perihal saran dan usulan yang ditujukan kepada (1) Badan Pemerakarsa Universitas Muhammadiyah Buton (2) Badan Pelaksana Harian Universitas Muhammadiyah Buton, dan (3) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Buton.

2. Rapat Badan Pemrakarsa Universitas Muhammadiyah Buton.

Rapat ini dilaksanakan pada hari Kamis sore tanggal 24 Pebruari 2000 bertempat di Gedung SMP Muhammadiyah Jl. Jenderal Sudirman No. 45 Bau-Bau dengan acara sebagai berikut :
1. Melanjutkan realisasi kronologis pelaksanaan laporan dalam rangka mendapatkan status UMB dari Mendiknas cq Dirjen Dikti Depdiknas di Jakarta.
2. Lain-lain (yang berkaitan dengan hal tersebut di atas)

Keputusan yang dihasilkan pada rapat ini adalah : Bahwa dalam rangka realisasi perubahan Universitas Islam Buton (UNISBU) menjadi Universitas Muhammadiyah Buton (UMB), Badan Pemerakarsa Universitas Muhammadiyah Buton mengambil keputusan antara lain sebagai berikut :
1. Pemantapan persiapan usulan untuk mendapatkan pengakuan Majelis Dikti PP Muhammadiyah.
2. Pemantapan persiapan usulan untuk mendapatkan izin operasi Universitas Muhammadiyah Buton dan izin terdaftar program studi yang sudah berjalan pada Pemerintah.
3. Mengusulkan 3 orang (Subair, Muis Sat Iman, dan Abdul Rifai) sebagai calon Rektor definitif ke Majelis Dikti PP Muhammadiyah.
4. Menyepakati bahwa siapun Rektor yang ditetapkan oleh Majelis Dikti PP Muhammadiyah harus didukung oleh seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Buton.
5. dan lain-lain.
Dokumen lengkap (notulen) rapat ini ada pada ketua (A.M. Syahir Baso) dan sekretaris (Abdul Rifai).

Bau-Bau, 3 Mei 2009 (Subair)

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: